Bulan Bintang & Matahari

I am not a star. I am not even close to be the Sun. I am not able to reflect light from the Sun when night comes. I am only a traveller who is wandering around this small world, doing little business, living small history. But I have a " Bulan Bintang & Matahari" consist of me, him, and our little Kaylia. That is what I call my universe : bulan bintang dan matahari.

Monday, May 16, 2005

When I Judge the Book by it's Cover

Ketika saya pertama kali bertemu dengan seseorang: dengan kamu, dengan Bu Dede (guru SD saya di kelas 2 yang cantik tapi judes dan tiba-tiba aja muncul di benak saya saat ini), dengan Aris (si doi yang sekarang jadi Bapaknya Kaylia), dengan siapa pun... saya sungguh tidak tau harus menilai apa atau berpendapat apa ttg dia, ttg kamu. Untunglah mereka semua itu, termasuk kamu, memakai pakaian, berbicara (meski bukan ke saya), melakukan atau tidak melakukan sesuatu (yang keliatan ama saya) sehingga saya terselamatkan dari selimut misteri atau blanky wanky situation. How you dressed, the way and what you talk about, what you do and not do just helped me at those first glances. So, pemeo jangan menilai buku dari sampulnya ya nggak 100% bener banget sih... meskipun saya sungguh nggak berani menilai seseorang ”hanya dari sampulnya aja”. Sehingga seringnya sih saya memutuskan untuk membaca buku itu untuk tau lebih jauh sebelum saya punya suatu kesimpulan.

Sebagian besar orang di sekeliling saya, punya bukunya masing-masing dengan sampul yang kadang pun tidak selalu sama dalam setiap kesempatan saya melihatnya. Mereka mengisi bukunya, menghapus sebagian yang mereka kehendaki, mewarnai, memberi gambar, dan lain-lain. Buku itu bergerak seiring dengan dinamika hidup pemiliknya.

Pertanyaannya, bagaimana jika buku itu tebelnya luar biasa ? Bagaimana jika buku itu berbahasa asing yang belum tentu saya mengerti? Bagaimana jika buku itu bersikukuh tidak mau saya baca ? Bagaimana jika ternyata saya tidak mampu memahami isinya ?

Saya tidak begitu bahagia ketika saya harus mengakui, tak satu buku pun yang hingga saat ini selesai saya baca. Orang tua saya hanya memperlihatkan sebagian script-nya, dan jarak semakin memaksa saya untuk hanya membaca ”resensi mingguan atau bulanan” dan sekilas melihat sampulnya yang agak berubah menjadi lebih cerah dan gambarnya yang lebih semarak semenjak Kaylia lahir.

Bab-bab akhir mertua saya memang saya bisa baca setiap hari, tapi apa yang tertulis sebelumnya hanya bisa saya lihat dari Bab Ringkasan. Yang agak lumayan adalah buku suami saya yang sama-sama kami diskusikan, kami isi, kami corat-coret, kami robek, dan kami bawa-bawa sehingga besar kesempatan bagi saya untuk sempat tekun membaca dan memahaminya.

Buku saya sendiri kemungkinan besar makin sulit dibaca (sedih banget, karena semakin sedikit orang yang berniat dan punya waktu untuk memahami saya), makin nggak keruan isinya, makin kacau...meskipun menurut saya itu menunjukkan bahwa hidup saya berubah dinais...agak bergeser dari ”rel kereta api” menjadi ”rel jet coaster”. Sampul buku saya itu juga sering terlihat kabur seiring dengan perubahan warna hati saya. Sketsanya juga makin abstrak. Kata orang, dulunya sampul saya itu bergambar simbol yang jelas dan mendasar, seperti kotak, bulatan, segitiga dengan warna-warna elementer merah, kuning, dan biru.... But, hey.. I'm growing up, you know !

Yang bikin excited adalah bukunya di kecil saya. Dia adalah karya yang paling luar biasa yang pernah saya baca. Tiap malam (karena sempatnya malam) saya baca dan baca lagi, tak pernah puas dan tak bosan-bosannya saya ulang-ulang, khawatir ada satu paragraf, satu kalimat, satu kata, atau satu huruf yang terlewat atau tak mampu saya pahami.

Sering muncul rasa egois untuk ikut campur melukis sesuatu di dalamnya, diam-diam menorehkan tinta saya, atau ikut-ikutan nulis-nulis, atau sekedar nyumbang saran ttg warna atau mendesain sampulnya supaya lebih cantik, kelihatan lebih intelek dan nyeni, supaya lebih bermutu. Padahal setiap titik keegoisan seperti ini akan berakibat semakin berkurangnya kesempatan dia untuk menemukan yang terbaik dari dirinya sendiri.

Saat ini pun saya masih dililit rantai egoisme dengan semena-mena membuat kerangka untuk isi buku-nya. Bab 3 adalah bab kegiatan pre school-nya yang belum saya putuskan apakah di rumah saja atau saya kirim ke sebuah tempat bernama ”sekolah”. Bab 6 nanti adalah kegiatan luar sekolahnya, termasuk buku-buku apa yang layak dibaca. Bahkan saya sudah mulai mereka-reka bab-bab pertengahan menyangkut pacar pertama-nya, calon suaminya, mertuanya...Ya ampun, apa saya normal ? Gila nggak ya, mengingat Kaylia masih 11 bulan ??!

Ketika di tengah malam saya terbangun, memandangi wajahnya yang murni dan mencoba ikut menikmati mimpi indahnya bersama malaikat surga, saya kadang tiba-tiba tersadar bahwa kurang sempurnanya buku saya tidak patut menjadikan saya terlalu menuntut kesempurnaan kepada sosok kecil yang tengah lelap dengan cantiknya. Saya harus membiarkan dia belajar menulis dan menggambarkan sendiri apa yang dia inginkan. Saya harus mulai belajar mengerti dirinya sebagai ”seseorang”, bukan sebagai bayi, batita, balita, remaja or whatever... TUgas saya hanyalah membiarkannya tumbuh, berkembang, menari, dan berbahagia sebagaimana fitrah penciptaannya...

Untuk diri saya sendiri, mungkin tiba waktu bagi saya untuk mulai mengisi buku saya sendiri dengan lebih baik, lebih jelas, lebih memiliki makna. Jangan asal coret, even ketika merepresentasikan jet coaster saya pada posisi menukik tajam dan tidak ada safety belt yang dapat menolong saya memperkecil risiko. Saya juga berdoa semoga buku-buku yang belum sempat saya tamatkan tetap dapat mengilhami saya diiringi permakluman yang tulus dari pemiliknya. Pinta saya : bantu saya membacanya.

O ya, satu lagi... bersabarlah jika halaman-halaman buku saya tidak seindah yang dibayangkan, ketika judul dan sampulnya tidak berhasil memberi gambaran ttg saya yang sebenarnya. Kalau mungkin, maafkanlah saya. Lalu bangunkanlah saya dengan kasih ketika buku itu menunjukkan saya terlalu lama terlelap tak bermanfaat.

9 Comments:

  • At 8:56 PM, Blogger Feti Fatimah said…

    Duh mbak…
    Kalo bisa nih tulisan di forward aja sama “Belahan Jiwa” gue.. Soalnya tadi malem selepas dia baca ”buku tebal gue” yang kesekian kali nya.. swear gue ngerasa gak nyaman. Padahal niat dia membaca adalah untuk lebih tau gue lebih dalam, dia ingin belajar how to handle me when I’m moody (specially), or when I get mad and sad or when my felling is going up and down.
    Tapi sumpah demi bintang di langit, usaha dia untuk membuat gue nyaman, tidak membuat gue nyaman (berbelit kan?). Dia membaca buku tebal gue seakan – akan itu adalah papan catur, di mana kuda harus melangkah L, prajurit maju satu – satu dan bla bla bla…
    Padahal kalo urusan hati gak bisa disama ratakan di semua kondisi.
    Ah.. pusing gue! How to explain this matter to him. Karena gue gak bisa mengutarakannya as beautiful as you do”.
    Whatever, gue pengen dia tau, meski di buku gue terutama di halaman 1980 sampe 2005 dia membaca ada 578 nama awan dan bintang yang pernah singgah di hati gue saat itu, gue gak pernah merasa dicintai orang as much as he do. And it’s enough for me.
    Dan comment gue terhadap tulisan loe, setiap buku meski udah di tulis ulang or di warnai dengan cantik, tetap tidak akan pernah terlihat sempurna. Even sama si penerbitnya sendiri.
    So... tulislah buku mu dengan kata-kata yang kau suka, warna yang kau suka. Gue yakin banget kalo gue bakalan suka dengan bukumu meski itu hanya coretan tak bermakna.
    Makasih udah menjadi bagian dari hidup gue selama ini. Dan nama kamu juga ada dalam buku gue kok.....

     
  • At 11:08 PM, Blogger Rainbows End said…

    Stop by downline club I just read this great article about downline club you might be interested in.

     
  • At 9:50 PM, Blogger ryder said…

    I think you'll be interested in this related article at: network marketing It pretty much covers network marketing related stuff. Check it out if you get time.

     
  • At 7:33 PM, Blogger michelwilliams8160 said…

    I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. My blog is just about my day to day life, as a park ranger. So please Click Here To Read My Blog

     
  • At 10:46 PM, Blogger Lucky Leprechaun's said…

    I just came across your blog while surfing, Nice! If you are interested in earn money you should visit this related site earn money You may find it of interest.

     
  • At 6:50 PM, Blogger Lucky Leprechaun's said…

    I just came across your blog while surfing, Nice! If you are interested in free clubs you should visit this related site free clubs You may find it of interest.

     
  • At 10:25 PM, Blogger lucky said…

    You have a great blog! I'm definitely going to bookmark. I found a site free with a great article I think you'll like.

     
  • At 11:38 AM, Blogger meghanhuron5793 said…

    I read over your blog, and i found it inquisitive, you may find My Blog interesting. So please Click Here To Read My Blog

    http://pennystockinvestment.blogspot.com

     
  • At 11:45 AM, Blogger bengribbel01328148 said…

    Get any Desired College Degree, In less then 2 weeks.

    Call this number now 24 hours a day 7 days a week (413) 208-3069

    Get these Degrees NOW!!!

    "BA", "BSc", "MA", "MSc", "MBA", "PHD",

    Get everything within 2 weeks.
    100% verifiable, this is a real deal

    Act now you owe it to your future.

    (413) 208-3069 call now 24 hours a day, 7 days a week.

     

Post a Comment

<< Home